photo tmp_230214_Cy16WpX2L9uATmvr_zpscc6b9f1f.png
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris

Cara Menyatakan waktu dalam bahasa Inggris
Pembahasan Kita Kali ini adalah bagaimana Cara Menyatakan waktu dalam Bahasa Inggris, dalam bahasa inggris ada beberapa cara menyatakan waktu yaitu :

  1. Dengan cara mengucapkan jam terlebih dahulu baru diikuti dengan menitnya
  2. Dengan cara mengucapkan menitnya terlebih dahulu kemudian baru jamnya
Kedua cara tersebut paling sering digunakan ketika menyatakan waktu, sebelum saya memberikan contoh untuk kedua cara tersebut, ada beberapa hal yang perlu terlebih dahulu kita ketahui, yaitu:                            


a.m. dan p.m. sering dipakai dalam menyampaikan jam.
  • a.m. (ante merediem) dipakai untuk waktu sebelum siang atau sesudah siang yaitu antara pukul 00:00 sampai pukul 12:00 siang. 
  • p.m. (post merediem) dipakai untuk waktu antara pukul 12:00 siang sampai 00:00. Untuk a.m. atau p.m. digunakan/ dirangkai berbarengan cara penyampaian waktu pada cara  ke 1 di atas.               Bila kita tidak ingin menggunaka a.m. ataupun p.m., kita bisa menggungakan kata in the morning, in the afternoon, in the evening, atau at night.




  • Dalam bahasa Inggris 30 menit = half, 15 menit = a quarter                                                                  Ok sekarang Mari Kita Langsung Bahas kedua cara tersebut :

    1. Dengan cara mengucapkan jam terlebih dahulu baru diikuti dengan menitnya                           cara ini yang paling mudah menggunakannya Contoh :                                                                          sebutkan secara berurutan jamnya dulu dan kemudian menitnya. Jadi jam 08.20 bisa juga dikatakan maka dalam bahasa inggris dikatakan   "it is eight twenty."
    2. Dengan cara mengucapkan menitnya terlebih dahulu kemudian baru jamnya                           sebutkan  menitnya dahulu lalu jam yang dimaksudkan. Misalnya, Anda mau mengatakan Pukul  08.20  (pukul delapan lewat dua puluh menit)menit ,
      maka dalam bahasa  Inggris dikatakan   " It is twenty past eight."
    Gunakan kata " to" untuk menit 31-59
    Contoh:
    08: 35 - it's twenty five  to nine  (Pukul delapan kurang  25 menit)

    ok demikian cara menyatakan waktu dalam bahasa inggris, lantas bagaimana kalimat yang biasa digunakan ketika kita menanyakan waktu ? baiklah berikut contohnya :

    • Excuse me. What time is it?
    • Excuse me, what`s the time?
    • Excuse me, can you tell me the correct time?
    • Excuse me. I wonder if you could tell me the time.
    sampai disini dulu pembahasan mengenai cara menyatakan waktu dalam bahasa inggris, sampai jumpa kembali di materi Tips Belajar Bahasa Inggris Berikutnya yang lain, jika ada pertanyaan silahkan lewat kotak komentar. see you next 
    Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Materi Basic I dengan judul Cara Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tipsbelajarbahasainggriss.blogspot.com/2014/03/cara-menyatakan-waktu-dalam-bahasa.html. Terima kasih!
    Ditulis oleh: Ulfah -

    6 komentar untuk "Cara Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris"

    1. I thing 08.35 -it's twenty five to nine, not to eight,

      BalasHapus
    2. benar sekali untuk belajar bahasa inggris salah satu faktor pendukung juga adalah lingkungan, untuk praktis harus interaksi dengan lingkunga yg mmg jg bs mendukung proses belajar kita

      BalasHapus
    3. Ok mana jawaban nya

      BalasHapus